Ciri-Ciri Khusus Pada Tumbuhan Kaktus dan Tumbuhan Pemakan Serangga

Posted on Saturday, July 11, 2015

Ciri-Ciri Khusus Pada Tumbuhan Kaktus dan Tumbuhan Pemakan Serangga ini ada pada materi pelajaran kelas 6 Bab 1 tentang ciri-ciri khuuss pada mahluk hidup dan tumbuhan. Pada buku BSE kalian sudah bisa mengetahui bahasan materi ini secara singkat. Pada laman ini admin coba menampilkan lebih lengkap topik bahasannya, serta beberapa soal materi beserta kunci jawabannya.

1. Ciri-ciri khusus pada tumbuhan Kaktus
Tumbuhan kaktus merupakan tumbuhan yang hidup didaerah kering, atau kurang air. Karenanya kaktus memiliki batang yang mengandung banyak air. Air yang ada dibatang kaktus tersebut sangat berguna untuk cadangan di musim kering. Daun kaktus juga berbentuk kecil, dan berbentuk duri, dengan bentuk seperti itu kaktus dapat mengurangi penguapan air dari dalam tubuh. Dan tahukah kamu?

Kaktus berasal dari...
Berdasar referensi dari WIKIPEDIA, Penemuan tentang kaktus dipercayai telah dimulai lama sebelum bangsa Eropa menemukan Dunia Baru. Namun, berbagai informasi mengenai tumbuhan tersebut hilang ketika terjadi penjajahan oleh Spanyol. Referensi pertama mengenai tanaman kaktus ditemukan pada abad ke-16 di dalam bab 16 dari buku Historia general y natural de las Indias (1535).  Penulis buku tersebut, Hernandez de Oviedo y Valdez mendeskripsikan kaktus sebagai tanaman yang memiliki duri yang khas dan buah yang unik  Sebagian besar spesies kaktus berasal dari Amerika Utara, Selatan, dan Tengah  Genus kaktus pertama yang diimpor ke Eropa adalah Melocactus.  Seorang botaniawan asal Swedia, Carl Linnaeus, memberikan nama kaktus yang diambil dari bahasa Yunani Κακτος kaktos. Dalam bahasa Yunani klasik, kata tersebut memiliki makna tanaman liar berduri.

Habitat kaktus; seperempat dari keseluruhan total spesies kaktus yang hidup di daerah gurun.Sisanya hidup pada daerah semi-gurun, padang rumput kering, hutan meranggas, atau padang rumput. Umumnya, tumbuhan ini hidup di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Kegunaan kaktus; Berbagai jenis kaktus telah lama dimanfaatkan manusia sebagai sumber pangan, salah satunya adalah Opuntia. Spesies ini banyak dikultivasi untuk diambil buah dan batang mudanya. Buah Opuntia banyak diolah menjadi selai yang disebut queso de tuna.

2. Ciri-ciri tumbuhan pemakan serangga
Tumbuhan pemakan serangga adalah tumbuhan yang untuk memenuhi kebutuhan makanannya dengan memakan serangga. Ada beberapa penyebab terjadinya tumbuhan memakan serangga:
1. Karena tumbuhan tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan unsur makananya dari akar
2. Tumbuhan kekurangan nitrogen
3. Keadaan tanah tempat tumbuh yang kekurangan unsur nitrogen

Lalu bagaimanakah tumbuhan tersebut memenuhi segala unsruur makanan yang dibutuhkannya yang tidak ia dapatkan dari akar? Yaitu dengan cara memakan serangga yang hinggap.

Contoh dari tumbuhan pemakan serangga adalah tumbuhan kantong semar dan tumbuhan kejora (venus). Kedua tumbuhan tersebut tidak dapat mencukupi kebutuhan nitrogen. Keadaan tanah tempat tinggalnya sangat kekurangan unsur nitrogen. Untuk memenuhinya, kantong semar dan kejora menangkap serangga. Kenapa serangga yang dimakan? Karena serangga mengandung banyak nitrogen.

Bagaimanakah tumbuhan kantong semar memangsa serangga yang hinggap? Yaitu dengan dengan menghasilkan cairan pada bagian daun untuk menarik perhatian serangga. Pada kantong semar, serangga akan masuk ke dalam kantong dan terperangkap di dalamnya. Bagian dalam daun mengandung lapisan mirip lilin sehingga serangga terpeleset.

Bagaimankah cara tumbuhan kejora memangsa serangga? Pada tumbuhan kejora, serangga yang hinggap dan menyentuh ''lengan daun'' akan terperangkap karena daun akan menutup dengan cepat. Kemudian, serangga tersebut akan dicerna oleh cairan yang dihasilkan daun.

Selain kantong semar dan kejora adakah tumbuhan sejenis yang untuk memenuhi kebutuhan unsur makanannya dengan memangsa serangga?

Macam-macam tumbuhan pemakan serangga lainnya, diantaranya;
1. Tumbuhan kincir air


2. Tumbuhan Pelangi / Bybli


3. Tumbuhan Drosera


Nah demikian artikel lepas kali ini semoga bermanfaat untuk menambah khazanah materi ajar guru kelas semuanya. Lebih lengkap tentang topik yang membahas kaktus dan tumbuhan pemakan serangga ini, mungkin lain waktu akan dibuat pemabahasan tersendiri.

Baca juga: Ciri-Ciri Khusus Pada Kelelawar, Cicak dan Bebek

Topik soal pendukung materi ini:
65 Soal UTS Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 6 SD Semester 1/Ganjil
50 Soal UAS Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 6 SD Semester 1/Ganjil Terbaru

Akan dibahas topik-topik menarik lainnya pada artikel lepas berikutnya. Admin juga menerima kiriman tulisan yang berhubungan dengan topik-topik pendidikan dan sekolah. Untuk mengirimkan topik tulisan silahkan mengirimnya ke alamat email admin di halaman about.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

© Sribusoal. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger