Ciri-Ciri Khusus Pada Kelelawar, Cicak dan Bebek (Pelajaran IPA Kelas 6 Semester 1)

Posted on Saturday, July 11, 2015

Ciri-Ciri Khusus Pada Kelelawar, Cicak dan Bebek (Pelajaran IPA Kelas 6 Semester 1)-Pertanyaanya adalah; 1. Sebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki kelelwara? 2. Sebutkan ciri-ciri khusus yang dimiliki cicak? 3. Sebutkan ciri-ciri khususu yang dimiliki bebek? Ada yang tahu jawabannya? Pertanyaan-pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang kemungkinan ada pada soal ulangan harian IPA kelas 6 sd semester 1/ganjil. Baiklah kita jawab satu persatu pertanyaan tersebut.

1. Ciri-ciri khusus yang dimiliki kelelawar?
Kelelwar merupakan binatang mamalia yang bisa terbang. Ya, mamalia, karena untuk berkembangbiaknya binatang yang satu ini tidak bertelur seperti kebanyakan hewan terbang lainnya, melainkan dengan cara melahirkan. Kelelawar biasa tinggal di goa goa, atau di pohon yang tinggi.

Makanan kelelawar yaitu buah-buahan. Tapi di samping memakan buah-buahan, ada juga kelompok kelelawar yang memakan serangga dan mengisap madu. Untuk mendapatkan makanannya kelelawar telah dilengkapi dengan sepasang sayap. Sayap kelelawar berbeda dengan unggas.
Ciri-Ciri Khusus Pada Kelelawar, Cicak dan Bebek
Sayap kelelawar memiliki kulit yang lentur. Kulti tersebut membentang diantara tulang-tulang jari dan tangannya. Pada bagian sayap ada bagian menyerupai cakar. Bagian yang mirip cakar tersebut digunakan kelelawar untuk mendaki dai bebatuan atau pohon.

Kelelawar tidur di siang hari, kelelawar tidur dengan cara begelantung terbalik, kaki diatas dan kepala dibawah, sayapnya dilipat dan kakinya bergelantung ke tempat bergantungnya.

Kelelawar terbang dan mencari makan pada malam hari. Pada saat terbang, kelelawar tidak sepenuhnya menggunakan indra penglihatannya. Lalu, dengan bantuan apa kelelawar dapat menentukan arah sehingga tidak menabrak saat terbang di kegelapan malam? Ternyata, kelelawar dilengkapi dengan kemampuan lain. Pada saat terbang, kelelawar sesekali mengeluarkan bunyi. Ketika gelombang bunyi itu mengenai benda, seperti pohon atau serangga, gelombang bunyi akan memantul. Pantulan gelombang bunyi itu akan ditangkap kembali oleh indra pendengarannya yang tajam. Dengan cara seperti itulah kelelawar dapat terbang pada malam hari tanpa menabrak benda-benda yang ada di sekitarnya.

Kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang, makanan, dan keadaan lingkungannya dengan meng-gunakan bunyi disebut ekolokasi.


2. Ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan Cicak.
Berikut ciri-ciri khusus yang ada pada hewan cicak:

  • Cecak merupakan reptilia (hewan melata) yang hidup di pohon atau di rumah.
  • Makanan cicak adalah serangga, contohnya nyamuk. Cara menangkap makanannya dengan menggunakan lidahnya. Cicak memiliki lidah yang panjang dan lengket hal itu memungkinkan cicak untuk memangsa makannya dengan sekali menjulurkan lidahnya maka serangga bisa langsung nempel dan dilahapnya.
  • Cicak dapat merayap di dinding atau langit-langit rumah tanpa jatuh. itu disebabkan pada telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis. Bagian itu berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding atau di langit-langit.
2. Ciri-ciri khusus pada hewan Bebek

Berikut ini beberapa ciri khusus yang dimiliki bebek:
  • Bebek merupakan jenis unggas yang hidup di air, terutama di perairan yang dangkal. Oleh karena itu, kaki bebek pendek dan pada sela-sela kakinya dilengkapi dengan selaput kulit yang dapat membantunya ketika berenang di air dan memudahkan bebek berjalan di atas permukaan tanah
    berlumpur.
  • Makanan bebek ialah cacing.  
  • Paruh bebek berbentuk pipih, dengan bentuk paruh yang pipih dan lebar. Bentuk paruh seperti itu membantu bebek untuk mencari cacing yang ada di balik lumpur.
Dari ciri-ciri khusus yang terdapat pada kelelawar, cicak, dan bebek setidaknya siswa harus bisa mengidentifikasi beberapa ciri khusus tersebut. Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa mengidentifikasi ciri-ciri khusus ketiga hewan tersebut, sebaiknya guru membawa siswa untuk melihat langsung ketiga hewan tersebut. Bisa juga dengan menggunakan media, seperti gambar slide yang ditampilkan menggunakan proyektor. Tetapi menampilkan contoh asli akan memberi pengalaman berbeda kepada siswa anda.

Untuk menguji kemampuan siswa, bisa dilakukan dengan cara tertulis, contoh pertanyaan yang bisa dikemukakan guru, diantaranya:
1. Sebutkan fungsi bagian yang mirip cakar pada kelelawar?
2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan ekolasi?
3. Mengapa cicak dapat berjalan di dinding dan langit-langit rumah tanpa terjatuh?

Jangan lupa untuk menyiapkan kunci jawabannya.
  1. Fungsi bagian yang mirip cakar pada kelelawar digunakan kelelawar untuk mendaki dai bebatuan atau pohon.
  2. Ekolasi adalah kemampuan yang dimiliki kelelawar untuk mengetahui arah terbang, makanan, dan keadaan lingkungannya.
  3. Cicak dapat berjalan di dinding atau langit-langit rumah disebabkan pada telapak kaki cecak ada bagian menonjol yang berbentuk garis, bagian tersebut berfungsi sebagai alat pelekat sehingga cecak dapat merayap untuk mendekati serangga yang sedang hinggap di dinding atau di langit-langit.
Lihat pula soal-soal ini:
Soal Ulangan Ke 1 IPA Kelas 6 Semester 1/Ganjil
65 Soal UTS Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 6 SD Semester 1/Ganjil Terbaru

Demikian artikel lepas ini semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan siswa dan memperkaya bahan mengajar guru kelas 6. Lihat pula artikel lepas lainnya, dan topik utama situs ini yaitu kumpulan soal-soal latihan untuk SD kelas 1 sampai dengan kelas 6.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

© Sribusoal. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger