Belajar Mencangkok Untuk Anak Kelas 6 SD (Materi Pelajaran IPA Semester 1)

Posted on Friday, July 10, 2015

Belajar Mencangkok Untuk Anak Kelas 6 SD, pelajaran ini akan kamu dapatkan di semester pertama kelas 6, pelajaran ini masuk kedalam bab perkembangbiakan mahluk hidup, dan pokok materi yang akan dipraktikan yaitu perkembangbiakan pada tumbuhan. Mencangkok merupakan proses perkembangbiakan tumbuhan tidak alami, bukan melalui perkawinan (vegetatif).

Sebagaiman diketahui bahwa perkembangbiakan tumbuhan dapat dilakukan dengan dua cara, yang pertama adalah perkembangbiakan secara kawain (generatif) dan melalui perkembangbiakan secara tidak kawin (vegetatif). Perkawinan tidak melalui cara kawain ini bisa terjadi secara alami, bisa juga melalui buatan. Yang melalui proses buatan ini banyak caranya, ada yang dilakukan dengan menempel, menyambung, dan mencangkok.

Para petani sering menggunakan teknik vegetatif untuk mendapatkan tumbuhan yang kualitasnya baik dan cepat. Cepat artinya, cepat berbuah dan cepat pula bisa dipanen. Dengan demikian teknik ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan penghasilan para petani. Kaitannya dengan materi kelas 6 SD, dengan belajar mencangkok diharapkan para siswa mampu, minimal mengetahui proses mencangkok tumbuhan.

Kalau guru kelas ingin melakukan ini sebagai tugas terstruktur, maka proses pengerjaan harus dilakukan secara berkelompok, berarti terlebih dahulu guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Kemudian membuat lembar portofolionya, mengidentifikasi kebutuhan, dan baru menentukan tanggal praktik.

Judul kegiatan: Belajar mencangkok
Materi pokok: Perkembangbiakan tumbuhan
Jenis kegiatan: Percobaan
Tujuan kegiatan: Menjelaskan cara mengembangbiakkan tumbuhan dengan mencangkok
Tgl Kegatan:.....................
Jumlah peserta per kelompok: .....................

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk belajar mencangkok
1. Tanaman yang bisa dicangkok
2. Pisau dan gergaji
4. Sabut kelapa
5. Tanah yang subur ditambah pupuk kandang
6. Tali rafia
7. Kantong plastik hitam / polybag

Catatan:
Untuk tanaman yang bisa dicangkok, bisa ditentukan oleh guru. Ciri-ciri pohon yang bisa dicangkok biasanya ketika dikupas kulitnya tidak bergetah. Contohnya pohon jambu, pohon mangga, pohon rambutan. Jadi kali ini kita tentukan terlebih dahulu, tumbuhan-tumbuhan yang nantinya akan dijadikan percobaan vegetatif ini.

Proses pengerjaan
1. Pilihlah dahan pohon yang tua.
Untuk mengetahui dahan pohon sudah tua atau belum, itu terlihat dari mata pohon. Dan pilih dahan utama yang berasal dari batang pohon, bukan ranting.

2. Sayat kulit dahan hingga tampak kayunya.
Panjang sayatan kira-kira satu ruas jari tangan. Untuk lebih spesifik guru harus memberi penjelasan berapa ukuran sayatan, dan proses mengukur dan mengupas kulit dahan juga harsu didemonstrasikan terlebih dahulu.

3. Setelah disayat, bersihkan lendir kayu (kambium) hingga kering.
Lama waktu pengeringan antara 2 sampai empat hari.

4. Setelah proses pengeringan selesai, 4 hari kemudian.
Tempelkan tanah yang sudah diaduk dengan pupuk kandang kedalam sayatan tadi. Kemudian tanah tersebut ditutup dengan sabut kelapa, atau plastik. Jangan lupa untuk melubangi bungkus cangkok tersebut, untuk memberi rongga udara. Ikat dengan kuta menggunakan tali rapia.

5. Kalau sudah selesai proses membungkus cangkok. Berikutnya adalah saatnya untuk menjaga cangkok tersebut. Usahakan cangkok tetap lembab. Tidak boleh kering, karena kalau kering akar tidak akan tumbuh dari batang kayu yang dicangkok tersebut.

6. Akar akan tumbuh dalam waktu yang cukup lama, bisa satu minggu lebih, atau kira-kira satu bulanan. Kalau sudah tumbuh, itu terlihat akar sampai menonjol menerobos pembungkus cangkok, baru saatnya kita memotong dahan cangkok tersebut.

7. Cangkok yang sudah dipotong, sebaiknya disimpan diember yang sudah diberi tanah kira-kira tingginya 2 cm, selama dua sampai tiga hari.

8. Saatnya menanm cangkok ke polybag yang sudah diisi tanah dan pupuk kandang. Rawatlah cangkok hingga tumbuh subur di polybag.

9. Setelah dua bulan dalam polybag, saatnya memindahkan cangkokan ke tanah tempat cangkok akan ditanam. Sampai langkah ini berarti proses belajar menanam cangkok sudah selesai, tinggal proses perawatan sampai cangkok itu benar-benar sudah terlihat tumbuh.

Materi Pelajaran IPA Semester 1
Download soal IPA kls 6
Semoga bermanfaat! dan baca juga:
50 Soal UAS Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 6 SD Semester 1/Ganjil Terbaru KTSP
40 Soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 4 SD Untuk UTS Semester 1/Ganjil
65 Soal UTS Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas 6 SD Semester 1/Ganjil Terbaru

Pada latihan Belajar Mencangkok Untuk Anak Kelas 6 SD (Materi Pelajaran IPA Semester 1) ini target kompetensi siswa diharapkan mengetahui proses, bagaimana tahapan-tahapan mencangkok, mengembangbiakan tumbuhan secara buatan.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

© Sribusoal. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger