Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Dalam Rahim (Materi IPA Kelas 6 SD)

Posted on Thursday, August 6, 2015

Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Dalam Rahim (Materi IPA Kelas 6 SD)-Sribusoal untuk topik materi pelajaran sekolah dasar kali ini akan menampilkan pembahasan bab perkembang biakan pada manusia pada sub bab pertumbuhan dan perkembangan manusia dalam rahim. Ini adalah materi pelajaran dari mata pelajaran ilmu pengetahuan alam / IPA kelas 6 SD.

Sebelum membahas mengenai pertumbuhan dan perkembangan manusia di dalam rahim, sebaiknya ketahui dahulu bahwa pertumbuhan dan perkembangan manusia dimulai sejak penggabungan antara sel sperma dan sel telur yang membentuk zigot. Zigot merupakan cikal bakal dari individu baru. Pertumbuhan dan perkembangan berlanjut hingga manusia dewasa dan akan mengalami penuaan.

Pertumbuhan dan perkembangan pada manusia secara umum terjadi dalam dua tahap. Pertumbuhan dan perkembangan tahap pertama terjadi di dalam rahim. Adapun pertumbuhan dan perkembangan tahap kedua terjadi di luar rahim.

Memahami pengertian pertumbuhan dan perkembangan
  • (1) Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran tubuh. Contohnya, bertambahnya berat badan dan tinggi badan. 
  • (2) Perkembangan adalah kegiatan sel-sel dalam membentuk fungsi-fungsi khusus tubuh. Contohnya, ketika bayi kamu tidak dapat berjalan.
Pertumbuhan dan perkembangan manusia di dalam rahim dimulai ketika terjadi penggabungan antara sel sperma dan sel telur. 

Rahim / Uterus adalah  organ reproduksi betina yang utama pada kebanyakan mamalia, termasuk manusia. Salah satu ujungnya adalah servik, membuka ke dalam vagina, dan ujung satunya yang lebih luas, yang dianggap badan rahim, disambung di kedua sisi dengan tabung Fallopian. (sumber: wikipedia)

Fungsi Ramim untuk menerima sel telur yang dibuahi yang akan berubah menjadi janin dan menahan selama perkembangan; uterus juga membantu mendukung janin selama masa kehamilan. Uterus adalah tempat di mana telur yang telah dibuahi tertanam untuk kehamilan.

Bergabungnya sel sperma dan sel telur akan membentuk zigot. Proses bergabungnya sel sperma dan sel telur akan membentuk zigot dinamakan dengan proses pembuahan atau fertilisasi. Setelah terjadi pembuahan, zigot akan terus membelah dan membentuk embrio.

Setelah 120 jam dari pembelahan, embrio akan menempel di dinding rahim ibu. Proses penempelan ini disebut implantasi. Embrio tumbuh menjadi janin dan mulai mendapatkan makanan dan oksigen. Makanan dan oksigen diperoleh dari ibu.

Masa kehamilan
Masa pertumbuhan dan perkembangan manusia di dalam rahim disebut juga dengan masa kehamilan. Masa kehamilan itu terjadi selama kurang lebih 38 minggu. Setelah kurang lebih 38 minggu di dalam rahim, bayi akan lahir ke dunia dan memulai pertumbuhan dan perkembangannya di luar rahim.

Ulasan materi IPA kelas 6 lainnya:
Ciri-Ciri Khusus Pada Kelelawar, Cicak dan Bebek (Pelajaran IPA Kelas 6 Semester 1)
Hewan-hewan Yang Terancam Punah di Indonesia (Materi IPA Kelas 6 SD)
Ciri-Ciri Khusus Pada Tumbuhan Kaktus dan Tumbuhan Pemakan Serangga
Belajar mencangkok untuk anak SD kelas 6

Demikian ulasan singkat materi Pertumbuhan dan Perkembangan Manusia Dalam Rahim ini, semoga bermanfaat dan dapat membantu perbendaharaan pengetahuan siswa kelas 6 SD melalui situs ini, buat para orang tua yang mobile dan sibuk bisa menggunakan ulasan ini untuk membantu anaknya ketika belajar di rumah.

Artikel Terkait

No comments:

Post a Comment

© Sribusoal. Template by Template Responsive Design Powered By Blogger